TUTORIAL

Thursday, October 4, 2012

Hari Raya Chuseok bagi Warga Korea

Hai Friendss  ....:D
Aku nongol lagi..semoga enggak bosan yah..

Oh ya Friends tanggal 30 September 2012 kemaren adalah hari raya Chuseok bagi warga korea. Warga korea mendapat jatah libur selama tiga hari mulai tanggal 29 September sampai 1 Oktober 2012. 



Chuseok adalah hari libur resmi di Korea yang dirayakan secara besar-besaran pada bulan ke-8, hari ke 15 pada kalender China atau Lunar. Menurut kepercayaan orang korea Purnama pada bulan ke-8 adalah purnama yang paling terang. Hari raya ini semacam thanksgiving gitu, saling mengucapkan terimakasih atas keberhasilan panen. Disebut juga Hari Panen atau Hangawi. 
Hangawi sudah dikenal sejak dinasti kerajaan Silla. Friends yang pernah melihat drama korea saeguk yang berjudul Queen of Seondeok pasti tahu kan kerajaan Silla. Ratu Deokman ini adalah salah satu pemimpin kerajaan Silla. Dahulu Hangawi dirayakan dalam bentuk perlombaan menenun antara dua tim. Hasil tenun yang paling panjang dinyatakan sebagai pemenang. Yang kalah? yang kalah harus traktir tim yang menang dengan makanan yang enak-enak.


Libur Chuseok adalah kesempatan bagi warga korea untuk mudik ke kampung halaman biasanya ke rumah orang yang paling tua diantara keluarga. Kayak lebaran ya? Emang iya lho. Jalanan kota Seoul pada sepi karena ditinggal mudik oleh warganya. Memang sebagian besar warga kota besar merupakan warga urban. Sama lah kayak di Jakarta. 
Tapi mereka pulang kampung untuk mengunjungi altar leluhur dan melakukan penghormatan terhadap arwah lelhur dengan berziarah ke makam para leluhur mereka.

Nah, Thanksgivingnya adalah mereka berterimakasih kepada para leluhur dengan memberi makanan, buah-buahan, dan minuman kepada para leluhur. Makanan khas saat Chuseok adalah Songpyeon yang terbuat dari tepung beras diisi kacang atau wijen. Malam sebelum Chuseok semua anggota keluarga duduk bersama membuat song pyon sambil lihat bulan. 

 Ada beberapa kegiatan yang harus diseleksaikan ketika Chuseok:
1. Bulcho : membersihkan gulma di makam anggota keluarga. Warga korea akan merasa malu jika mendapati makam anggota keluarga masih kotor setelah liburan Chuseok.
2. Sungmyo: memberi penghormatan pada makam keluarga dengan memberi alkohol, makanan, daging, dan buah-buahan.
3. Charye: yaitu mengatur meja makan untuk para leluhur di rumah. Ada beberapa aturan lah Friends, enggak sembarangan ngaturnya. Misalnya harus menyalakan lilin sebelum alkohol dituangkan dalam tiga cangkir berbeda. Dsb.

Setelah ketiganya selesai, saatnya bermain. Mereka bermain sonori (permainan sapi), geobuknori (permainan kura-kura), ganggangsullae (tarian melingkar), ssireum (bergulat), tarik tambang, dan panahan.











Nah yang paling khas dari Chuseok ini adalah semua orang memakai baju tradisional Hanbok. Termasuk para selebriti yang ramai-ramai memakai Hanbok dan melakukan foto sesion dengan memakai busana tradisional kebanggaan Korea ini.
Ohya, ucapan selamat ketika hari Chuseok adalah 항복한 추석 잘 보내세요 Hangbokhan Chuseok Jal Bo nae seo yo....



Source:


No comments:

Post a Comment