TUTORIAL

Wednesday, October 3, 2012

Mengenal Korea Selatan


Friends, sebenarnya Korea adalah nama sebuah semenanjung di Asia Timur. Dekat dengan China dan Berbantasan pulau dengan negara Jepang. Nah, Semenanjung ini setelah perang dunia II pada tahun 1945 terbagi menjadi dua negara yang berbedaaa banget dari segi ideologis, Korea Selatan yang liberal demokratis dan Korea Utara yang sosialis komunis.

Nama Korea ini diambil dari nama dinasti korea yaitu Goryeo (935-1392). Dalam bahasa China, Goryeo dilafalkan sebagai Gao-Li, penyebutannya menyebar ke Timur Tengah dan lama-kelamaan penyebutannya menjadi Korea. Nama lengkap Negera Korea Selatan adalah Dae Han Min Guk (대한민국) atau singkatnya Han-Guk. Sedangkan Korea utara menyebut nama negara mereka sebagai "Choseon" atau "Joseon" (merujuk kepada salah satu dinasti korea yaitu Joseon).

Korea selatan berbentuk republik yang dipimpin oleh sebuah presiden. Haha, jadi inget drama King 2 Heart atau Princess Hours yang berandai-andai bahwa negara korea modern dipimpin oleh seorang raja. Bedanya, kalau King 2 Heart enggak pake perdana menteri alias Kepala Negara dan Kepala Pemerintahannya adalah Raja. Sedangkan Princess Hours lebih kepada Raja adalah Kepala Negara saja bukan sebagai Kepala Pemerintahan. Tapi oke juga sih idenya. Seru.
Oh iya, Presiden Korea  dipilih berdasarkan hasil pemilu selama 5 tahun dan dibantu oleh perdana menteri. Ups, baru tahu loh, ternyata Presiden korea sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. 


Korea Selatan terdiri dari 1 kota khusus (Teukbyeolsi; 특별시; 特別市), 6 Kota Metropolitan (Gwangyeoksi; 광역시; 廣域市), dan 9 Provinsi (do; 도; 道).

Kota Istimewa (Kalau di Indonesia kayak DKI Jakarta gitu) : Seoul (서울특별시)

Kota metropolitan itu adalah: 

  • Busan (부산) ~ kalau pernah lihat film 마음이 atau Hearty paws pas Chan pergi mencari ibunya. Nah, si Chan itu pergi ke Busan ~
  • Daegu (대구)
  • Incheon (인전) ~ sangat terkenal dengan bandara Incheon yang super megah ~
  • Gwangju (광주)
  • Daejon (대전)
  • Ulsan (울산)
9 provinsinya adalah:
  • Provinsi Gyeonggi - Gyeonggi-do (경기도)
  • Provinsi Gangwon - Gangwon-do (강원도)
  • Provinsi Chungcheong Utara - Chungcheongbuk-do (충청북도)
  • Provinsi Chungcheong Selatan - Chungcheongnam-do (충청남도)
  • Provinsi Jeolla Utara - Jeollabuk-do (전라 북도)
  • Provinsi Jeolla Selatan - Jeollanam-do (전라 남도)
  • Provinsi Gyeongsang Utara -Gyeongsangbuk-do (경상 북도)
  • Provinsi Gyeongsang Selatan - Gyeongsangnam-do (경상 남도)
  • Provinsi Jeju - Jeju-do (제주도)

Kapan-kapan aku bahas satu persatu kota-kota metropolitan di Korea. Doakan ya Friends, biar enggak males update... hehehe.

Bendera kebangsaan Korea namanya adalah Daegeukgi. Gambar lingkaran biru dan merah itu adalah Yin dan Yang yang melambangkan keseimbangan dan harmoni yang terus-menerus. Lingkaran ini dikelilingi oleh empat trigram yang melambangkan unsur-unsur alam semesta yaitu Gun atau langit (pojok kiri atas), Gon atau bumi (pojok kanan bawah), Gam atau api (pojok kanan atas), dan Ri atau air (pojok kiri bawah)


Lagu kebangsaannya adalah Aegukga yang mempunyai arti mencintai negara. Lirik Aegukga mulai digunakan pada tahun 1907, pada saat kedaulatan Korea dalam keadaan darurat karena adanya serangan dari musuh luar negeri.  Setelah pemerintah Korea dibentuk, dimulai dari tahun 1948 lagu Aegukga yang dikomposisi oleh seorang musikus bernama Ahn Ik-tae, Aegukga mulai digunakan pada acara-acara resmi pemerintah Korea dan diperkenalkan dengan cara dimuat di buku-buku pelajaran SD, SMP, SMU Korea.

Lagu Aegukga selalu dinyanyikan dengan sepenuh hati dan pada saat Aegukga diperdengarkan, para pendengar akan berdiri.


Berikut ini adalah teks lagu Aegukga. Yang bisa baca Han-geul, boleh dibaca lagunya sambil dengerin musiknya (bisa didownload disini: Download Aegukga)
Luas Korea adalah 99.274 km2 yang lebih kecil daripada Korea Utara. Topografinya berbukit dan tidak rata. Sama lah sama Indonesia tercinta. Ada sungai besar yang membelah Korsel yaitu sungai Han dan Sungai Naktong. Sungai Han yang membelah kota Seoul. Yang pernah lihat Running-man Eps 36 yaitu ketika Song Jihyo bebas memilih team sambil naik kapal yang membelah sungai Han. Kalau nggak salah guestnya Daesung Big Bang sama Yong Hwa CN-Blue. Nah, disana friends bisa lihat keindahan Han River.

Wilayah timur banyak berupa pegunungan. Wilayah barat merupakan bagian rendah yang terdiri dari daratan pantai yang berlumpur. Di wilayah barat dan selatan yang terdapat banyak teluk terdapat banyak pelabuhan yang baik seperti Incheon, Yeosu,Gimhae, dan Busan.

Korea Selatan memiliki sekitar 3.000 pulau (Hmm, cukup banyak juga ya. Kayak Indonesia tercinta). Sebagian besar adalah pulau kecil dan tidak berpenghuni. Kalau pulau Dokdo yang jadi sengketa Korea dan Jepang itu juga termasuk ya?. Pulau - pulau ini tersebar dari barat hingga selatan Korea Selatan. Pulau Jeju yang terletak sekitar 100 kilometer di bagian selatan Korea Selatan adalah pulau terbesar dengan luas area 1.845 km2. Gunung Halla adalah gunung berapi tertinggi sekaligus sebagai titik tertinggi di Korea Selatan yang terletak di Pulau Jeju. Pulau yang terletak di wilayah paling timur Korea Selatan adalah Uileungdo dan Batu Liancourt. Sementara Maradodan Batu Socotra merupakan pulau yang berada paling selatan di wilayah Korea Selatan.

Iklim Korea selatan dipengaruhi oleh iklim dari daratan Asia dan memiliki 4 musim. Musim panas di Korea selatan yang dimulai bulan Juni bisa mencapai temperatur 40 derajat celcius (di kota Daegu), yang ditandai dengan datangnya musim hujan yang jatuh pada akhir bulan Juli sampai Agustus di seluruh bagian semenanjung. Sementara temperatur musim dinginnya rata-rata dapat jatuh pada suhu sejauh minus 10 derajat celcius di beberapa propinsi. Waaw dingiiinn!!! Nol derajat aja udah enggak kuat. Kebiasaan di Indonesia panas sih.

Korea Selatan juga rentan akan serangan angin taifun yang menerjang selama bulan musim panas dan musim gugur. Beberapa tahun belakangan ini Korea selatan juga sering dilanda badai pasir kuning yang dibawa dari gurun gobi di Cina yang juga melanda Jepang .

Well itu dulu ya Friends. Ceritaku tentang Korsel.. nantikan ceritaku selanjutnya..
:)


Sumber:

No comments:

Post a Comment