TUTORIAL

Thursday, October 4, 2012

Makanan or Kuliner Khas Korea


Hai-hai Friends ....

Posting kali ini aku mau bahas tentang M A K A N A N. Yay!! Makannnn!!
Kita akan membahas makanan-makanan khas korea. Sebenarnya aku juga belum pernah mencicipi makanan korea. Selain enggak pernah kesana, aku juga milih-milih donk. Well, soalnya aku muslim dan sebagian besar makanan di korea itu enggak halal. Tapi enggak apa-apa kan kalau cuma sebagai pengetahuan kuliner dunia. Hehe ..itung-itung tau lah kalau diajak ngobrol. Kapan-kapan deh, aku akan bahas tentang makanan halal di korea biar yang muslim bisa makan dengan aman di Korea. : D

Oke. Yuk, Mulai!!
Makanan korea rata-rata berbahan dasar beras, mi, tahu, sayuran, dan daging. Biasanya kalau orang korea makan dalam satu meja pilihan lauk atau makanan sampingan atau banchan sangat banyak. Biasanya banchan dimakan bersama dengan nasi putih dan sup atau kaldu.



Makanan korea biasanya dibumbui dengan minyak wijen, kecap, garam, bawang putih, jahe dan yang paling sering kita lihat di drama korea dan reality shownya adalah saus cabe berwarna meeeraah banget yang disebut gochujang.

Makanan korea biasanya enggak lengkap kalau nggak ditemenin sama yang namanya Kimchi. Yaitu makanan fermentasi yang berasal dari sayuran. Pembahasannya tentang kimchi ntar ya..

Makanan korea itu biasanya beda secara musiman. Kalau musim dingin biasanya makanan yang dikonsumsi adalah kimchi dan berbagai sayuran yang diasinkan dalam gentong besar yang disimpan dibawah tanah di luar rumah.

Orang korea biasanya makan dengan duduk di bantal dengan meja yang rendah. Mereka jarang makan dengan tangan biasanya pake sumpit dari stainles steel namanya jeotgarak dan sendok panjang khas korea atau sutgarak yang sering kita lihat di drama-drama korea modern maupun drama saeguk korea.

Nasi disediakan dalam mangkuk kecil tiap orangnya. Sup disediakan dalam mangkuk yang lebih besar dari diletakkan disebelah kanan nasi. Kadang masakan berkuah diletakkan dengan ditengah-tengah meja untuk dimakan bersama. Sendok dan sumpit diletakkan di kanan mangkuk sup. Hidangan banchan disediakan pada mangkung-mangkuk kecil, Minumannya biasanya air atau untuk orang dewasa adalah soju.

Orang korea sangat menghormati yang lebih tua juga para tamu. Mereka punya hak makan lebih dahulu karena itu tidak sopan jika mendahului makan sebelum mereka. Oh ya, jangan sekali-kali makan dengan mengangkat mangkuk karena itu tidak sopan. Hal-hal lain yang dianggap kurang sopan adalah menggunakan sendok dan sumpit secara bersamaan dengan kedua tangan, banchan hanya boleh diambil dengan sumpit. Tidak boleh makan dengan tangan kiri, tidak boleh membuat suara berisik saat mengunyah makanan, mengaduk-aduk makanan dengan sumpit atau sendok.
Minum dengan menghadap ke orang tua juga tidak sopan, oleh karena itu kita sering lihat di drama korea pemuda yang sedang makan bersama calon mertuanya biasanya minum dengan cara memutar posisi badan ke arah samping. Mereka juga menerima minuman dari orang tua dengan tangan kanan sedang tangan kiri memegangi tangan kanannya. Tidak sopan kalau menerima minuman dengan kedua tangan.
Hal-hal tersebut berlaku saat acara formal atau makan dengan orang tua. Kalau dengan teman-teman akrab sendiri hak-hal tersebut tidaklah mengapa kalau dilakukan.

Ohya, kalau diundang makan di rumah orang Korea, usahakan menghabiskan nasi dalam mangkuk kita. Menyantap makanan terlalu cepat membuat mereka berpikir kalau makanan yang disajikan masih kurang.

Ada beberapa makanan korea yang populer berkat drama-drama dan reality show korea yang kita lihat. Diantaranya adalah:

  • Kimchi : Sayuraan yang difermentasi. Sayurannya biasanya adalah kubis, sawi, lobak putih atau ketimun. Difermentasi bersama jahe bawang putih, bawang bombai, dan gojuchang pastinya. Kalau friends pernah lihat drama korea BBF ada adegan keluarga Geum Jan Di bergotong royong membuat kimchi banyaaaaaak banget loh. Waktu itu aku heran, dijualkah? kok bikinnya banyak banget. Ternyata aku baru tahu kalau memang sehari-harinya kalau makan harus ada kimchi ya. Jadi bikinnya sekalian banyak. Enggak pake takut basi, kan hasil fermentasi.
  • Bibimbap: sebenarnya bibimbap adalah makanan khas kota Jeonju. Kayak nasi campur gitu kalau di indonesia. Tapi bibimbap ini adalah nasi dicampur dengan sayuran, daging sapi, telur dan gochujang. Nah kalau makan bibimbap, biasanya campuran tadi diaduk dulu baru dimakan. Ada juga varian bibimbap yang namanya dolsot bibimbap yang disajikan dengan mangkuk batu panas biar telur yang dicampurkan itu mateng. Oh ya friends, bap itu artinya nasi. Jadi kalau ada makanan korea yang belakangnya ada bap-nya berarti itu ada nasinya. 
  • Bulgogi: gogi artinya daging, friends. Daging yang digunakan adalah daging sapi sirloin. Kayak steak ya..ada yang pake daging sirloin. Tapi ada juga yang pake daging babi namanya dwaeji-bulgogi, ayam (dak-bulgogi), dan sotong (ojingeo bulgogi). Bumbunya yaitu kecap asin dan gula. Biasanya orang korea makan bulgogi dengan selada untuk dibungkus bersama kimchi, bawang putih, dan banchan lainnya. Kalau friends pernah liat drama korea atau reality show korea We Got Married Victoria dan Nickun mereka makan Samgyeopsal (daging perut babi) juga pake daun selada campur kimchi dan lain-lain. Jadi kayaknya orang korea kalau makan daging itu pake daun selada ya?
  • Sannakji: Gurita hidup friends!! Friends pernah lihat Chibi Burger pas ke korea? Geli banget lho mereka makan gurita yang masih hidup dipotong-potong kecil-kecil dicampur dengan wijen dan kecap asin. Meskipun udah dipotong-potong, tentakel gurita ini masih gerak-gerak friends!! Hiii..Geliiii...





  • Samgyetang: ini merupakan sup yang terbuat dari daging ayam utuh yang dicampur dengang gingseng, nasi manis, bwang putih dan kacang-kacangan. Sup ini populer friends, biasanya dimakan orang korea saat musim panas sebagai nutrisi karena kehilangan energi.





  • Seolleongtang: Nah friends yang pernah lihat drama korea Brilliant Legacy yang dibintangi Han Hyo Jo dan Lee Seung Gi pasti tahu sup kaki sapi ini. Sup ini dimasak sampai 10 jam lebih sampai warnanya putih susu. 


  • Jajangmyeon: bagi Friends pecinta reality show Running Man pasti tau kan jajangmyeon. Di Episode berapa ya? aku lupa. Hehehe. Pokoknya judulnya adalah Jajangmyeon racing. Gusetnya waktu itu Cheon Jung Myeon sama JYP. Jajangmyeon ini adalah mie berwarna coklat agak hitam gitu. Waktu itu aku mengiranya mie ini dicampur sama kecap. Rupanya campurannya adalah pasta kacang kedelai hitam yang dipanggang atau dibakar ( Oooh..pantesaaan warnanya iteem banget). Selain itu Jajangmyeon ini dicampur dengan bawang merah cincang, zucchini, dan daging merah serta seafood. Tapi jajangmyeon ini enggak pake kuah lho friends. Jajangmyeon ini harganya cukup terjangkau lah friends sekitar 3500 Won atau kalau dirupiahin sekitar Rp.28.000. Lhoo?? Kok jadi mahal?? Cuma Mie gitu loh.

  • Ramyeon: ini adalah mie ramen khas korea. Biasannya kalau di Drama Korea sering banget ada adegan makan ramyeon. Biasanya dimasak diatas panci kecil warna kuning dan dimakan langsung di pancinya, tutup pancinya dibuat alas makan mie-nya. Ramyeon juga bisa berarti mie instan. Ramyeon dimasak dengan kuah pedaaasss, biasanya ditambah sayuran, daging atau kimchi. Tuh kan, kimchi lagi.


  • Gimbap: Gimbap ini adalah makanan ringan Friends. Biasanya gerobak-gerobak di pinggir jalan menjual Gimbap ini. Masih ingat kan friends, nama makanan yang berakhiran bap mesti ada nasinya. Nah, Gimbap ini adalah nasi gulung rumput laut. Kalau di jepang, kayak sushi gitu, Friends. Isinya berfariasi dari sayuran, telur, ikan, daging, sosis, biji-bijian, keju, bulgogi, dan tuna.


  • Ddeokbokki: Friends, Ddokbokki ini adalah salah satu makanan ringan korea yang terkenal. Ingat ya Friends, ddok artinya tepung beras. Ddokbokki adalah  tepung beras yang dimasak dalam bumbun pedas dan manis. Biasanya bentuknya silinder atau batang dan berwarna merah karena dicampur gochujang. Kawasan Sindang-dong di Seoul adalah tempat yang paling terkenal dengan Ddokbokkinya. Di kawasan ini banyak ditemui pedagang-pedagang Ddokbokki campur dengan gochujang. Selain warna merah ada pula variasi lain dari ddokbokki yang berwarana cokelat, hitam, kuning sesuai dengan campuran bumbunya.

  • Bungeoppang: Ini juga jenis makanan ringan yang dijual di pinggir jalan. Ini adalah roti berbentuk ikan. isinya pasta kacang merah manis. Bungeoppang ini mirip dengan Taiyaki dari jepang.





  • Satu lagi ketinggalan Friendss...Odeng: Yup odeng ini juga merupakan makanan ringan yang dijual dipinggir jalan. Odeng ini adalah ikan yang biasanya direbus dan cara makannya biasanya menggunakan kaldu kuash panas. Sangat enak dimakan anget-anget pas musim dingin. Biasanya disajikan dengan ditusuk kayak sate. Bisa juga dimakan dengan saus kedelai. Paling tidak ada tiga macam odeng sesuai dengan kaldunya. Ada yang menggunakan kaldu dari rajikan lobak, daun bawang, kepiting dan rumput laut. Ada juga yang gak pake kaldu, tapi  dibumbui gochujang. Ada juga yang pake saus mustard dan saus tomat. Yang ketiga Odengan Tang yaitu disakikan dalam mangkuk kaldu dengan cabe, bawang dan kedelai. Hmm, silakan dipilih deh mau makan yang mana. Soalnya di korea ini banyyaaaak banget ditemui Odeng dimana-mana. Nah, biasanya tiap restoran punya racikan tersendiri. Odeng yang paling enak katanya ada di Busan. Psst...tau nggak, odeng ini terbuat dari ikan-ikan kecil yang nggak laku dipasaran, terus diolah jadi odeng. Oh ya harganya 500 Won atau sekitar Rp.4000. Nah ini baru murah..Oh ya, Friens kalau pernah lihat BBF pas Gu Jun Pyo lagi jalan-jalan sama ayah dan adiknya Geum Jan Di. Habis dari sauna mereka mampir warung pinggir jalan yang menjual odeng. Si Gu Jun Pyo habis banyyaaaak banget tusukan odeng, sampai beberapa tusuk langsung dimasukin ke dalam mulut. Segitu enaknya ya Jun Pyo??

  • Bicara minuman, kebanyakan minuman korea yang dijual dimana-mana adalah soju atau arak khas korea. Arak ini dibuat dari beras/gandum atau kentang yang difermentasi dengan kadar alkohol 22%. Orang korea suka banget sama ni soju. Kelihatan banget kalau kita nonton Korean Drama. Hampir semua Drama ada adegan minum SOJU. Nggak cowok, nggak cewek, mau ibu-ibu apa bapak-bapak, pekerja kantoran semuaaanya kecuali yang berumur di bawah 20 tahun dilarang minum minuman beralkohol. Kalau aku sih ogaaah. Selain haram rasanya juga enggak enak. Selain soju ada juga yang namanya yakju dan takju. Semuanya sama arak dan beralkohol.
  • O iya friends, kalau ke korea jangan heran ya orang korea juga suka makan daging anjing. Hiiii...soo extreem.
Oke friends..segitu aja dulu ya. Sebenarnya kuliner korea itu masih banyaaaak banget. Cuma aku ambil yang terkenal-terkenal aja ya..
Nantikan ceritaku selanjutnya ...

No comments:

Post a Comment