TUTORIAL

Saturday, October 6, 2012

Refleksi Untukku




(Mellow mode: On)

Sepanjang hidupku yang sudah lebih dari dua dekade ini, aku bertemu dengan banyaaaaaaaaaak sekali manusia. Sebagian aku kenal lewat televisi, sebagian aku kenal lewat tulisan-tulisan, sebagian aku kenal lewat  internet, sebagian aku kenal karena berpapasan di pasar-pasar, di jalan-jalan, sebagian aku kenal karena mereka pernah bertemu denganku meskipun hanya sebentar dan tidak bertemu lagi kemudian, sebagian aku kenal karena mereka adalah orang-orang yang bersosialisasi denganku-teman, guru, dosen, kakak kelas/tingkat, tetangga-, dan sebagian lagi adalah orang yang benar-benar mengenalku dan terlibat dalam kehidupanku -Ayah, Ibu, saudara, keluarga, sahabat-. 

Dari semua orang itu, aku mengenal banyaak sosok-sosok mengagumkan. Banyak yang sudah tiada lagi di dunia. Banyak pula yang umurnya sudah separuh baya. Lebih banyak lagi yang sebaya dan lebih muda denganku. Aku selalu dikelilingi oleh sosok-sosok itu. Mengagumkan, mengisnspirasi, keren, hebat!!

Dan aku hanya bisa menghela nafas panjang begitu melihat diriku sendiri.

Aku yang sudah hidup selama lebih dari dua dekade belum melakukan apapun yang keren, hebat, mengagumkan, dan mengisnpirasi.
Aku yang sudah hidup selama lebih dari dua dekade hanya menghabiskan waktu itu terbuang percuma untuk melakukan hal-hal yang tidak keren, tidak hebat, tidak mengagumkan, dan tidak menginspirasi.

Belum ada apa-apanya perjalanan hidupku yang sudah hampir menyentuh seperempat abad. Seperempat abad, Man!!

Prestasi. Tidak ada.
Membanggakan orangtua. Tidak ada.
Sampai-sampai aku dengan lancar dan tidak perlu berpikir dua kali untuk menjawab sebuah pertanyaan: 'Hal apa yang paling membanggakan selama hidupmu?' dengan dua buah kata: 'Tidak ada'

Teman,,
Aku ingin berbagi hal ini dengan kalian bukan untuk kalian kasihani. Aku ingin berbagi ini kepada kalian agar kalian jangan sampai membiarkan hal itu terjadi kepada diri kalian. Jadikanlah hidupmu penuh makna dengan prestasi-prestasi. Prestasi yang baik tentunya. Begitu juga dengan Prestasi Rohani agar hidup tidak terasa hampa seiring dengan prestasi duniawi yang kalian capai.

Aku yakin, kalian adalah manusia-manusia punya sejuta prestasi.
Always move on!! begitu kata Mario Teguh.
Doakan aku ya teman, di sisa umurku ini aku bisa menjadikan diriku Hebat, Keren, Mengagumkan, dan Menginspirasi.
Amin. Kabulkan Ya Allah. 

No comments:

Post a Comment